Solusi atau masalah ?

Bila kita akan menjual sesuatu kepada pembeli maka hal yang perlu kita lakukan adalah meneliti dahulu apakah kita bisa memberikan solusi kepada calon pembeli kita dan jangan hanya menawarkan produk kita tanpa kita dapat menjadi solusi dari mereka.

 

Biasanya pada saat kita menawarkan sebuah produk kepada calon pembeli ada 2 pikiran di benak calon pembeli. Yang pertama adalah apakah yang ditawarkan penjual ini merupakan solusi? jika tidak maka yang penjual tawarkan merupakan masalah. Saya sendiri pernah mengalaminya. Pada saat itu saya ditawari investasi index emas oleh salah seorang sales. Dia bercerita bahwa investasi index emas sangatlah menguntungkan, bahkan bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat. Setelah mendengarkan penjelasan dari sales ini saya berkata akan pikir-pikir dahulu, namun yang di lakukan sales ini malah bertanya hal mana yang mau dipikirkan dan berusaha menjelaskan agar hari itu juga saya join. Sales ini menjelaskan sangat detail dan bagus menurut saya, tapi karena pada saat itu saya kurang interest di bidang itu maka saya tetap berkata pikir pikir dulu. Nah sales ini terus mengejar dan terus menjelaskan sampai berjam-jam akhirnya saya pura pura ada janjian agar sang sales pergi. Keesokan harinya saya di telepon untuk dijelaskan kembali, namun karena saya merasa bahwa sales ini menyebabkan masalah bagi saya (buang waktu berjam jam) maka saya matikan HP saya.

Pengalaman diatas tentunya terjadi karena sales ini tidak menjadi solusi buat saya dan terkesan memaksa. Oleh sebab itu sebagai seorang entrepreneur, sales, bisnisman, dll, mari kita biasakan untuk menjadi solusi bagi calon pembeli kita, karena ketika kita tidak bisa menjadi solusi maka kita merupakan masalah bagi mereka.

Iklan
Categories: Bisnis, Pemasaran dan Asuransi | Tag: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: