3 Kingdoms Leadership

Pemimpin adalah inti dari managemen. Ini berati bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin. Kepemimpiman hanya dapat dilaksanakan oleh seseorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian / pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mecapai tujuan bersama-sama.

Sebelum jadi pemimpin yang hebat biasanya orang tersebut pernah di pimpin oleh orang lain terlebih dahulu, nah pada saat itu apa yang membuat anda mau mengikuti seseorang pemimpin? Mengapa ada yang enggan mematuhi seseorang pemimpin, sementara ada yang mau mengikuti pemimpin sampai kemanapun?  Apa yang membedakan antara teoretikus kepemimpinan dan pemimpin yang efektif di dunia nyata?  Jawabanya adalah terletak pada kualitas KARAKTER seseorang.

Sebelumnya saya mau bahas dulu tentang kisah 3 Kingdoms (Samkok). Didalam kisah tersebut terdapat 3 orang pemimpin yang memiliki karakter yang berbeda beda. Yang pertama ada Chao-Chao seorang pemimpin yang keras, punya visi sangat besar, segala hal yang menghalangi visinya tersebut di musnahkan. Tipe jenis ini adalah pemimpin yang memiliki power dan setiap orang yang dipimpin menuruti perintahnya karena takut bila tidak menurutinya akan mendapatkan hukuman. Yang kedua ada Liu Bei seseorang pemimpin yang bijaksana dan memimpin dengan hati. Setiap orang yang dipimpin mengikutinya karena keinginan sendiri, bahkan ada yang sampai rela mengorbankan nyawa , namun Liu Bei ini terkadang kurang tegas sehingga beberapa pilihan yang sulit kerapkali menjadi masalah bagi dia. Yang ke tiga ada Sun Quan seseorang yang cerdas dalam membuat perencanaan, inovasi inovasi baru namun kurang berani mengambil resiko, sehingga terkadang bila resikonya besar dia lebih memilih untuk mundur.

Dari kisah tersebut masing-masing ada sisi positif dan negatifnya yang semuanya itu ditentukan oleh karakter masing masing pribadi. Nah menurut Anda apakah Anda memiliki sesuatu yang diperlukan untuk menjadi pemimpin besar, yang mampu menarik banyak orang dan mewujudkan sesuatu? Ada baiknya untuk menjawab pertanyaan barusan Anda meluangkan waktu (Perenungan) dan lihatlah kedalam diri Anda jauh kedalam, apakah Anda akan menemukan sifat yang diperlukan untuk mewujudkan impian terbesar Anda? dan seberapa besar daya juang anda untuk mewujudkannya? Itulah pertanyaan yang harus kita ajukan dengan jujur dan menjawabnya, dika kita benar-benar ingin mencapai potensi puncak. Yang jelas untuk dapat memimpin orang lain kita harus terlebih dahulu dapat memimpin diri kita sendiri untuk itu pupuklah kulaitas KARAKTER yang diperlukan untuk menjadi seseorang pemimpin yang berhasil dan berkemauan keras.

Ingin tanya, memberi kritik dan saran silahkan tinggal kan komentar atau kirim email ke jonathan@impact.web.id

Iklan
Categories: Pengembangan Diri | Tag: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: