Kenapa Bom Bunuh Diri ?

Minggu 25 September 2011 warga di seluruh Indonesia di kagetkan kembali dengan sebuah informasi bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepuluh yang terjadi pada pukul 11.00 WIB. Saya sendiri sempat bertanya-tanya dalam hati seperti ini “itu yang ngebom kok mau-mau nya ya ngelakuin itu, pastinya ngga ada untungnya buat dia”.

Pertanyaan diatas menjadi pemicu saya untuk melakukan analisa. Dan berikut opini saya tentang “Kenapa orang mau melakukan bunuh diri”.

  1. Tidak ada gairah hidup. Orang seperti ini biasanya sedang dalam tekanan akibat sesuatu yang dia harapkan ternyata yang terjadi adalah sebaliknya. Pada posisi seperti ini orang akan mudah di cuci otak oleh sekelompok orang (biasa kita sebut dengan teroris) yang menjanjikan mimpi indah di kehidupan yang akan datang.
  2. Tidak ada tantangan dalam hidup. Orang yang punya kehidupan datar akan merasa bahwa kehidupan membosankan (ingat semboyan sebuah iklan Life Is Adventure). Karena bosan dia dengan mudah di pengaruhi dan di iming-imingi kehidupan yang lebih seru di surga.
  3. Tidak punya tujuan hidup. Orang seperti ini biasanya mempunyai kehidupan yang mengalir tanpa tujuan. Sehingga ketika dia bertemu dengan komunitas atau orang yang bisa memberi dia tujuan hidup maka dia akan menjalankannya, bahaya nya kalau dia bertemu dengan orang yang salah.

Nah bila anda sedang dalam kondisi seperti yang saya tuliskan diatas, maka berhati hatilah karena anda bisa juga di cuci otak nya. Berikut saya berikan sedikit tips yang mungkin bisa mengubah hidup anda :

  1. Apa bila anda sedang mengalami kegagalan, motivasi lah diri anda sendiri bahwa jatah kegagalan anda berkurang.
  2. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang membangun, sehingga anda akan mendapatkan kekuatan baru. (untuk yang di Yogyakarta bisa gabung di komunitas Youth Impact).
  3. Baca buku-buku yang dapat membangkitkan gairah anda.
  4. Terapkan visi / tujuan hidup anda per Tahun / Bulan / Minggu / Hari.
  5. Miliki mindset bahwa tantangan adalah menyenangkan, seperti main game kalau level 1 terus maka akan membosankan.
  6. Upgrade diri baik dalam kecerdasan emosi dan skill.
  7. Ingatlah orang-orang yang mencintai kita (orang tua, saudara, dll)
  8. Katakan kata kata positif setiap pagi. ex : Aku adalah kepala dan bukan ekor, Setiap manusia di ciptakan baik adanya, Kita adalah pemenang, dll.

Demikian opini saya, semoga dapat membantu teman-teman. Saran saya untuk peristiwa ini sebaiknya kita ambil hikmah nya. Hindari caci-maki yang tidak berguna. Ampunilah orang yang bersalah kepada kita maka Tuhan juga akan mengampuni kita. Ingat selalu It’s Gonna Be Another Day With Sunshine.

Ingin tanya, memberi kritik dan saran silahkan tinggal kan komentar atau kirim email ke jonathan@impact.web.id

Iklan
Categories: Pengembangan Diri | Tag: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: