Jenis Entrepreneur

Perhatikan kisah berikut :

Perumpamaan tentang seorang penabur benih yang menaburkan benihnya. Dikisahkan bahwa benih yang ditaburkan jatuh ke empat jenis tanah:

  • sebagian benih jatuh di pinggir jalan
  • sebagian benih jatuh di tanah yang berbatu-batu
  • sebagian benih jatuh di tengah semak duri
  • sebagian benih jatuh di tanah yang baik

dan masing-masing benih tersebut bertumbuh berbeda-beda tergantung jenis tanahnya:

  • benih di pinggir jalan diinjak orang dan dimakan habis oleh burung
  • benih di tanah yang berbatu-batu tumbuh dengan cepat tapi segera layu dan kering karena tidak berakar dan tidak mendapat air
  • benih di tengah semak duri terhimpit hingga mati dan tidak berbuah
  • benih di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat

Bila kita amati ternyata seorang entrepreneur mirip dengan kisah diatas, karena prinsipnya entrepreneur sama seperti penabur benih. Berikut penjelasannya :
  1. Entreprenur yang benihnya jatuh di pinggir jalan. Entrepreneur ini adalah jenis entrepreneur yang tidak bergerak, semangatnya menggebu gebu diawal dengan memiliki konsep yang bagus. Namun setelah berjalannya waktu ide tersebut hanya ada di pemikiran saja dan tidak pernah di realisasikan. Nantinya apabila ide yang pernah dia pikirkan itu di realisasikan oleh orang lain, maka dia biasanya akan mengatakan bahwa ide tersebut pernah ada dipikirannya.
  2. Entrepreneur yang benihnya jatuh di tanah berbatu-batu. Entrepreneur ini jenis ini merupakan entrepreneur yang memiliki komitmen yang tipis. Biasanya dia semangat di awal dan langsung bergerak sehingga dengan cepat langsung kelihatan hasilnya. Setelah beberapa saat dia memilki konsep usaha lain yang lebih menjanjikan sehingga usaha nya yang lama di biarkan mati.
  3. Entrepreneur yang benihnya jatuh di semak duri. Entrepreneur jenis ini merupakan entrepreneur dengan agresif sangat tinggi. Dia akan menghancurkan semua para pesaingnya demi keuntungannya. Seiring berjalannya waktu para pesaing yang telah dia hancurkan akan menjadi banyak dan tumbuh besar seperti semak duri, yang pada akhirnya akan menghimpit sang entrepreneur hingga mati.
  4. Enterpreneur yang benih nya jatuh di tanah yang baik. Dibagi menjadi 3 yaitu :
  • Entrepreneur hasil 30 kali lipat. Adalah Entrepreneur yang mengerjakan semuanya sendiri, sehingga karena memiliki keterbatasan hasilnya pun hanya 30 kali lipat.
  • Entrepreneur hasil 60 kali lipat. Adalah Entrepreneur yang mulai menggunakan orang untuk membantu usahanya dan melatihnya sehingga hasilnya pun lebih banyak.
  • Entrepreneur hasil 100 kali lipat. Adalah Entrepreneur yang melatih beberapa orang di bawahnya agar dapat memiliki kemampuan seperti dia, kemudian dia membuka cabang usahanya dimana mana.
Iklan
Categories: Bisnis, Pemasaran dan Asuransi | Tag: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: