Orang Gajian Juga Bisa Kaya

Melihat beberapa judul buku yang intinya mengajak agar kita jangan menjadi orang gajian membuat beberapa pemikiran bahwa orang gajian itu susah kaya. Namun pada kenyataannya orang gajian juga bisa kaya asalkan berjiwa entrepreneur.

Kenapa banyak orang gajian yang tidak kaya? Hal ini terjadi karena adanya pola pikir yang keliru pada orang gajian. Contoh pola pikir yang keliru adalah “Saya di bayar cuma satu juta, maka saya hanya perlu kerja senilai satu juta”, “Kerja keras dan kerja santai dapat nya gaji sama, jadi mendingan kerja santai”, “Gaji kok ngga naik-naik”, dll.

Seandainya orang tipe gajian dengan pola pikir diatas berwirausaha apakah usahanya jalan? Kemungkinan besar adalah mereka gagal juga berwirausaha dan beralasan “saingan banyak”, “modal kurang”, dll.

Intinya bukan di kerjaannya melainkan pribadi yang melakukan pekerjaan tersebut. Untuk itu bagi orang gajian saya beri sedikit tips agar orang gajian pun bisa kaya :

Ubah pola pikir anda seperti pengusaha.

Bayangkan anda adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan bos anda adalah client dari anda. Berikan layanan yang terbaik, bila perlu berikan bonus (misal : tambahan jam kerja). Nantinya bila client (Bos) anda senang, maka otomatis pendapatan anda akan naik.

Lakukan managemen pengeluaran keuangan dengan baik.

Tanpa managemen keuangan yang baik apapun pekerjaan anda dan berapapun besarnya modal anda pada akhirnya pasti akan habis juga. Bagi orang gajian pengaturan ini cenderung lebih mudah karena pemasukan nya sudah dapat di prediksi. Yang harus di lakukan adalah seleksi pengeluaran berdasarkan kepentingannya dan hindari hutang yang tidak perlu.

Tambah kekayaan anda minimal 2% sebulan

Salah satu orang terkaya di dunia Warren Buffet dalam bukunya yang berjudul “Snow Ball” mengatakan bahwa setiap bulan dia menambah kekayaannya minimal 2% sebulan, maka dalam setahun dia menambah kekayaannya sebesar 24%. Contoh : anda memiliki kekayaan sebesar 1 juta rupiah, maka tiap bulan kekayaan anda haruslah bertambah 20 ribu rupiah, maka dalam setahun kekayaan anda bertambah sebesar 240 ribu rupiah. Seiring waktu berjalan maka kekayaan anda akan semakin besar seperti bola salju yang menggelinding makin lama makin besar.

Latih otak anda untuk berpikir

Seperti halnya tubuh yang memerlukan olah raga, otak kita juga memerlukan latihan. Mulailah membiasakan diri membaca buku, terutama buku-buku yang mendukung pekerjaan kita. Nantinya kita tanpa sadar akan menjadi lebih tajam untuk menciptakan ide-ide di kantor kita, yang efeknya adalah dapat meningkatkan promosi di tempat kita bekerja.

Mulailah berinvestasi

Robert T Kiyosaki mengajarkan agar uang yang bekerja untuk anda. Nah bagi para orang gajian hal ini bisa tercapai salah satunya melalui investasi (investasi yang baik tentunya). Sisihkan sebagian dari pendapatan kita untuk mencicil investasi seperti reksadana, unit link asuransi, dll.

Iklan
Categories: Bisnis, Pemasaran dan Asuransi, Pengembangan Diri | Tag: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: