Tuttorial Photography : Tentang Komposisi

Komposisi merupakan seni untuk menciptakan harmoni pembagian bidang dengan memanfaatkan berbagai elemen visual yang tersedia : alur garis, bentuk, cahaya dan bayangan, warna dan tekstur.

Walaupun ada banyak aturan dasar komposisi yang bisa diikuti, yang paling penting adalah mengikuti naluri keseimbangan visual kita masing masing.

Belajar komposisi adalah belajar melihat, menemukan harmoni dalam melihat melalui mata hati kita. Inilah yang membuat kita menjadi individu-individu yang unuk yang mampu menciptakan karya komposisi yang khas dan berbeda dari karya orang lain.

Elemen dalam komposisi :

1. Alur garis.

Alur garis merupakan sebuah alat visual yang bisa dipakai untuk mengarahkan pandangan kebagian utama dari komposisi kita. Bahkan alur garis itu sendiri bisa menjadi elemen yang paling menarik dalam komposisi kita.

 

sawah3

 

 

2. Ukuran Semakin Mengecil (efek 3D)

Ukuran benda yang semakin mengecil kearah yang jauh membantu menciptakan efek 3 dimensi yang kuat, sekaligus memberikan kedalaman dalam komposisi kita. Perbedaan ukuran, apalagi yang bisa memberikan isi skala pada foto pastilah akan membantu menciptakan drama pada komposisi kita.

jalan

 

 

3. Repetisi

Repetisi garis atau bentuk selalu dapat menciptakan efek visual yang menarik. Terkadang denan memasukan elemen yang dapat memecahkan kesan monoton dari pengulangan akan membuat komposisi kita lebih kuat.

sawah1

 

 

 

4. Cahaya dan Bayangan

Permainan cahaya dan bayangan merupakan salah satu elemen komposisi yang paling kuat yang sangat efektif baik untuk foto warna maupun hitam putih.

bayangan

 

 

5. Bingkai

Teknik memberikan bingkai merupakan satu elemen komposisi yang tidak pernah gagal menciptakan foto dengan efek 3 dimensi yang kental.

framing-image

 

 

6. Latar depan yang dominan

Foto pemandangan seperti pantai ataupun gunung akan lebih menarik apabila ada obyek fokus nya di dekat kita. Seperti gambar dibawah ini yang menggunakan kapal sebagai fokus dari obyek pantai pangandaran.

DSC_0927

 

 

nb : foto yang ditampilkan diambil dari beberapa sumber

Kunjungi gallery saya di : http://www.photo.biz.id

 

Iklan
Categories: Photography | Tag: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: