Rahasia Sukses

rahasia-sukses

Seringkali orang-orang bertanya pada saya tentang rahasia kesuksesan. Maaf, tidak ada rahasianya untuk menjadi orang sukses. Formula kesuksesan telah banyak ditulis pada buku-buku agama, filosofi, motivasi, presentasi, seremoni, dan lain-lain. Informasi tersebut sudah sangat terkenal dan mudah ditemukan di seluruh dunia!

Bila demikian adanya, mengapa sangat sedikit sekali orang yang sukses, dan begitu banyak orang mengalami ‘kegagalan’ di dunia ini? Faktanya, bukan karena orang tidak tahu apa yang harus mereka perbuat, melainkan karena sangatlah sulit untuk melakukan hal-hal yang benar secara konsisten! Sebagai contoh, bila Anda ingin mencapai hidup bahagia, damai, dan sukses, cukup berpegang pada 10 Perintah Allah. Sederhana bukan? Hanya sepuluh, bukan dua puluh! Tetapi berpegang pada 10 Perintah Allah saja sangatlah sulit!
Ingin menjadi orang yang efektif dan sukses? Ikutilah ajaran 7 Habits of Highly Effective People. Lebih mudah bukan? Hanya tujuh saja! Jadi mengapa hal itu sangat sulit? Karena untuk menjalankannya membutuhkan komitmen, disiplin, dan pengorbanan. Pain vs Pleasure. Immediate vs Delayed Gratification. Kebanyakan orang tidak siap untuk melakukan pengorbanan yang diperlukan!

Sukses bukanlah sesuatu yang muncul dalam semalam. Sukses adalah sebuah proses dan konsekuensi dari melakukan hal-hal yang benar secara konsisten. Untuk menjadi sukses, ada serangkaian ”rules” yang harus diikuti. Dengan risiko menjadi terdengar klise, biasa-biasa saja, kuno, dan bahkan mengecewakan, saya sangat percaya bahwa kesuksesan atau kegagalan dari seorang individu tergantung dari 3 faktor utama, yaitu:

A = Attitude
S = Skills
K = Knowledge

Ya, saya mengakui, ini bukanlah hal baru, bukan sesuatu yang mengejutkan, dan bukan pengetahuan muktahir. Tetapi, inilah “prinsip-prinsip dasar” yang sudah teruji oleh waktu.
Saya sangat percaya bahwa untuk mencapai kesuksesan, seorang individu hanya perlu menjalankan prinsip-prinsip tersebut dengan benar serta konsisten dan disiplin dalam menjalankannya. Kabar baiknya adalah: itu bukanlah daftar yang panjang—cuma sebuah daftar tentang 5 hal yang harus Anda lakukan dengan benar dan konsisten… maka Anda akan sukses!

Dengan kata lain, untuk mencapai kesuksesan, Anda hanya perlu MENGETAHUI dasar-dasar yang benar, dan MELAKUKAN-nya. Kebanyakan orang tidak sukses karena:

  • Mereka sebenarnya mengetahui dasar-dasar tersebut.
  • Mereka mendapatkan dasar-dasar tersebut dengan tidak benar
  • Mereka tidak cukup disiplin dalam melakukan dasar-dasar tersebut secara konsisten.

 

Iklan
Categories: Pengembangan Diri | Tag: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: