Win Win Solution untuk negosiasi

negotiation

Negosiasi bukan hal baru dalam kehidupan. Karena kita hampir selalu melakukan negosiasi tanpa kita sadari. Nah jika kita melakukan negosiasi efektif maka kita akan mendapatkan solusi yang saling menguntungkan bagi kedua pihak. Namun sebelum kita melakukan negosiasi, maka ada baiknya kita mengenal dulu termasuk tipe apakah orang yang kita ajak negosiasi ini.

1. Listener

mereka ini biasanya selalu terbuka dengan semua masukan, lebih berempati dan people oriented. Untuk bernegosiasi dengan tipe orang seperti ini maka kita harus beramah tamah dulu dengannya. Bicarakan apa yang ada disekelilingnya dan apa yang menjadi kesenangannya. Setelah orang tipe ini nyaman dan mendapat perhatiannya maka kita mulai melakukan negosiasi. Jangan pernah mendesak orang Listener, karena kita akan mendapatkan kata TIDAK dengan segera. Mintalah bantuan padanya, karena orang Listener termasuk senang membantu dan selalu ingin terlibat dalam urusan orang lain. Tipe orang seperti ini sebenarnya lebih cocok untuk menjadi penengah dalam sebuah kelompok, karena mereka lebih mampu mendengarkan dan selalu berhati – hati dan mempertimbangkan keputusan yang akan dibuat.

 

2. Creator

orang seperti ini bisa kita lihat dari bersemangatnya dia, impulsive, sangat persuasif dan spontan. Saking spontannya maka dia dapat membuat keputusan langsung tanpa berpikir lama. Orang Creator ini mempunyai banyak ide, namun mudah lupa dengan ide yang dimilikinya. Jadi ketika kita negosiasi, jangan lupa untuk menuliskannya dan memberikan kepadanya sebagai pengingat. Orang creator juga seringnya keluar dari jalur di tengah negosiasi, apalagi jika dia terdesak, maka ia akan dengan mudah mengganti topic. Berhadapan dengan orang ini santai saja, karena semakin santai dan menyenangkan suatu negosiasi, maka akan semakin tertariklah orang Creator ini dengan negosiasi. Atau untuk menarik perhatiannya, cobalah untuk memberikan suatu kejutan saat bertemu dengannya. Namun usahakan jangan memberikan kejutan yang terlalu rutin untuknya karena orang Creator ini akan cepat bosan. Jika kita membahas suatu proyek dengan dia berikanlah gambaran besarnya terlebih dulu mengenai proyek tersebut, baru kemudian mengerucut ke hal detail. Ini dilakukan untuk membuat orang Creator ini senang dulu. Dan kalau sudah senang maka akan ada efek emosional disana yang akan membuatnya lebih impulsif.

 

3. Doer

tipenya akan sangat tegas, pragmatis, kompeten, tidak mau basa – basi, mendominasi percakapan dan langsung pada tujuan. Karena itu mereka cenderung menjadi pengambil keputusan. Sayangnya dia tidak terlalu percaya pada orang lain hingga jarang sekali mendelegasikan kepada anak buahnya. Ketika bernegosiasi dengan orang Doer, pastikan kita membawa semua data yang ada, karena orang Doer ini ingin yang langsung dan sekali jadi. Jika kita kehilangan satu momen yang dapat meyakinkan dia maka kesempatan untuk mendapatkan negosiasi akan hilang.

 

4. Thinker

tipe orang yang banyak berpikir, cenderung sangat detil bahkan mengarah perfeksionis. Dia menginginkan suatu kesepakatan yang sempurna, karenanya lama dalam membuat keputusan. Orang Thinker bukan seorang pengambil keputusan yang baik. Dia juga seorang yang analitis, cenderung terlalu serius dan kaku, karena taat dengan aturan yang ada. Untuk berhadapan dengan tipe ini kita harus membuat persiapan sematang mungkin, untuk menghadapi kedetilannya. Ketika menjelaskan harus langkah perlangkah. Orang Thinker akan termotivasi dengan akurasi, data dan logika. Tanpa itu semua maka dia tidak akan dapat membuat keputusan.

Iklan
Categories: Bisnis, Pemasaran dan Asuransi | Tag: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: