4 Musim Didalam Kehidupan

4 season

Kehidupan kita digambarkan seperti lingkaran yang selalu berputar bagai siklus musim didalam kehidupan. Terkadang didalam hidup kita terjadi yang namanya musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur. Setiap musim tentunya baik buat kita bila kita mengetahui tindakan apa yang dilakukan pada musim tersebut. Kesalahan tindakan seperti menanam di musim dingin akan menyebabkan usaha kita menjadi sia-sia. Oleh sebab itu mari kita bahas satu-persatu tipical setiap musim dan apa yang harus kita lakukan di musim tersebut.

Musim Dingin

Pada musim ini semua tanaman akan mati, dan segala apa yang kita tabur pada musim ini susah untuk bertumbuh.

Pada musim ini sebaiknya kita bertahan terhadap setiap permasalahan karena pada musim ini adalah masa dimana daya tahan dan daya juang kita berlatih sehingga karakter kita akan tahan uji dan berkembang.

Musim Semi

Pada musim ini kita mulai dapat menanam tanaman yang berati pada musim ini berbicara tentang kehidupan yang baru. Pada masa ini pemulihan terjadi dan mulai bertumbuh. Setiap usaha kita mulai kelihatan hasilnya dan hal hal yang baik akan mulai ada di dalam musim ini.

3 Hal pada musim semi yang harus dilakukan :

Pikirkan tentang masa depan. Jangan terus lihat kebelakang.

Menaburlah di musim semi karena musim ini merupakan musim yang tepat untuk menabur. Pada musim ini hasil akan mulai kelihatan, tetapi jangan tuai dahulu hasil tersebut karena tuaian ada pada musim selanjutnya.

Sabar menanti masa panen karena bila tidak sabar tuaian akan habis.

Musim Panas

Merupakan musim yang paling menyenangkan (masa panen). Pada musim ini biasanya usaha yang kita jalankan memperoleh hasil yang berlimpah, segala impian kita menjadi nyata dan segala apa yang kita lakukan banyak menuai keberhasilan.

Pada musim ini kita perlu bekerja keras untuk menuai hasil dari usaha kita (ingat padi yang sudah menguning apabila tidak kita tuai maka kita tidak akan mendapatkan hasil).

Bahaya pada musim ini :

Hati-hati juga pada musim ini terkadang kita bisa menjadi terlena dan menjadi malas. Sebagai contoh ketika ada kesempatan untuk belajar terkadang kita malah menyia nyiakannya. Oleh sebab itu kita harus tau tanda-tanda panen :

1. Apa yang kita tanam sudah ada hasil.

2. Hasil yang kita dapat lebih gemuk (banyak)

3. Situasi yang kaku menjadi lebih flexibel

Bersukacita pada masa panen (tidak stress kebanyakan order)

Pada musim ini akan banyak godaan muncul karena lebih banyak orang jatuh pada masa yang enak. contoh : selingkuh, foya-foya, belanja berlebihan, dll

Bagaimana sikap kita dimasa ini :

1. Komitmen melekatkan diri kepada Tuhan

2. Bijaksana mengelola setiap hasil karena kelimpahan ada masanya.

3. Jangan jadi sombong

Musim Gugur 

Pada musim ini biasanya ada hal baik yang kita miliki mulai beberapa menghilang. Musim ini merupakan musim dimana kita harus memangkas hal hal yang kurang menjadi hal yang positif seperti suka belanja yang tidak perlu, sikap sombong, kurang bersedekah, dll.

Hal yang harus dilakukan musim ini adalah kita harus intropeksi diri dan mendekatkan kembali kepada Tuhan, karena Tuhanlah sumber keberhasilan kita semua.

Iklan
Categories: Pengembangan Diri | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: