Membuat timelapse video dengan dslr Part 1

lapse time

Terinspirasi dari video jalan jalan men dan Epic Java yang selalu menayangkan time lapse video di setiap serinya membuat saya akhirnya belajar membuat time lapse video secara sederhana.

Membuat time lapse video ternyata tidak sesusah yang dibayangkan, tapi memang tetap membutuhkan keahlian lebih untuk dapat membuat time lapse video yang menarik.

Time lapse sendiri sebenarnya bukan merupakan video murni tetapi gabungan banyak foto dalam durasi waktu tertentu, yang kemudian di lakukan pemprosesan di komputer.

Untuk membuat time lapse dibutuhkan peralatan sbb :

1. Triport

Triport wajib digunakan untuk membuat time lapse karena kita tidak mungkin memegang kamera tanpa goyang dalam durasi diatas 30 menit.

2. Intervalometer / Remote triger (optional)

Hal ini digunakan untuk menghindari goncangan saat kita melepas tombol rana. Namun untuk kamera yang sudah suport time interval shooting remote triger ini tidak diperlukan.

3. Komputer & Software

Komputer dan software nya digunakan dalam post production untuk menggabungkan banyak file foto menjadi movie. Spesifikasi komputer akan berpengaruh terhadap kecepatan pengolahan dari foto ke video.

Untuk software bisa menggunakan Apple Quicktime Pro 7 (windows & mac), Panolapse360 (windows & mac), time lapse assembler (mac), dll. Untuk saya sendiri menggunakan Panolapse360 yang bisa di dapatkan gratis di http://www.panolapse360.com

Bersambung ke Part 2

Iklan
Categories: Photography | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: