Ngajarin Anak Biar Ngga Jadi Orang Boros

Hi Guys, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tips bagi orang tua untuk mendidik anak agar ngga boros <=== ini scrip Youtube.

Anak adalah bagian dari keluarga dimana selalu menjadi perhatian penting dalam setiap keluarga. Sebagai orang tua, kadang kita ingin memberikan yang terbaik bagi anak kita. Namun terkadang hal tersebut memacu anak menjadi pribadi yang lebih boros. Nah ini yang saya lakukan agar anak saya bertumbuh menjadi anak yang tidak boros.

  1. Berikan batasan pengeluaran jajan anak tiap hari

Jumlah dari batasan harian ini tergantung orang tua yang mengaturnya. Sebagai contoh kita membatasi uang jajan anak adalah Rp 15.000 / hari ( Rp 450.000 / bulan), maka apabila anak menginginkan jajan yang melebihi batasan tersebut maka kita harus tidak memberinya dan memotivasi dia untuk menabung dahulu.

  1. Mengevaluasi pengeluaran harian tersebut tiap malam

Jadi tiap malam kita membawakan sebuah corat coret kecil yang fungsinya di tunjukan kepada anak untuk mengevaluasi pengeluaran nya.

Contoh :

beli es cream    5000

Snack                2000

Mainan             5000

Total               12.000

Sisa 3000 ditabung

  1. Ajari anak untuk menabung.

Cara klasik dan efektif untuk anak gemar menabung adalah dengan memberikan celengan, kemudian buat bangga apabila celengan tersebut terisi banyak. Nah pada saat liburan sekolah, buka dan hitunglah isi celengan tersebut. Kemudian anak bebas mempergunakan hasil dari yang ia tabung (kalau misal anak ingin beli mainan dan hasil tabungan nya kurang, ya sekali kali kita tombokin gpp, jadi ortu juga ngga usah pelit pelit amat heheh)

  1. Ajari anak untuk menggunakan barang barang bagus dengan harga ekonomis.

Ini bertujuan agar anak tidak menjadi anak yang gengsian dan makan merk. Jadi misal nanti mereka dewasa, mereka akan lebih mengutamakan fungsi daripada gengsi. (tapi misal nanti anak kita kaya gpp juga sih beli merk, apalagi kalau beliin ortu nya hohoho)

  1. Buat anak betah dirumah

Setelah saya amati, ternyata yang buat boros itu adalah kebiasaan kita main di luar. Nah oleh sebab itu dengan membuat anak betah dirumah maka kita akan sangat menghemat banyak pengeluaran. Pengeluaran yang dihemat adalah : transport, makan, jajan, beli mainan, dll.

 

Categories: Bisnis, Keuangan, Pemasaran dan Asuransi, Pengembangan Diri | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: